Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemulangan Mahasiswa Peserta PPL Angkatan ke-3

Alhamdulillah, pada Minggu (1/8), kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) TA 2021/2022 oleh mahasiswa STIQ Al-Lathifiyyah, telah selesai dilaksanakan. Bersamaan dengan acara perpisahan dan pemulangan mahasiswa, dosen STIQ Al-Lathifiyyah juga turut menunaikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

PPL kali ini adalah angkatan ke-III dan dilaksanakan di PP. Masadarul Ulum, Desa Kecapi, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, dan berlangsung selama seminggu, dari tanggal 26 Juli-1 Agustus 2021. Sebanyak 22 mahasiswa peserta mengikuti PPL ini. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok kemudian mendapat pendampingan dari Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang ditunjuk oleh Ketua STIQ Al-Lathifiyyah melalui Ketua Panitia PPL angkatan ke-III, sdri. Tri Handayani, M.Us. Mereka adalah Nurul Ahmadi, Lc., ME.Sy, Andy Hariyono, Lc., M.Ag, dan Deden Mula Saputra, M.Ud. 

PPL angkatan ke-III mengamanatkan kerja-kerja kependidikan-sosial-kegamaan yang berbasis nilai-nilai Al-Qur’an (living Qur’an) kepada para mahasiswa peserta. Sementara dalam pengejawantahannya, mahasiswa peserta lebih didorong untuk membantu proses belajar-mengajar di lembaga-lembaga pendidikan yang bernaung di bawah PP. Masdarul Ulum. Sebagai tenaga pengajar yang diperbantukan, mahasiswa peserta sebelumnya telah dibekali berbagai materi dasar, dari kecakapan berceramah (beretorika), aktivisme dan gerakan sosial, hingga bagaimana menjalankan kelas dengan tetap patuh pada protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Materi-materi ini dipandang perlu dan dinilai dapat menunjang keberhasilan pengajaran, sehingga sudah seyogianya dibekalkan kepada mahasiswa peserta. 

Secara umum, pelaksanaan PPL kali ini berjalan baik dan lancar. Baik dalam aspek kerja kepanitiaan maupun kerja mahasiswa peserta. Hal ini diindikasi dari terkoordinirnya tugas dan pelaksanaanya dengan baik, serta berjalannya kerja-kerja pokok yang diprogramkan mahasiswa peserta sebelum PPL dilangsungkan, baik yang disusun secara individual maupun berkelompok. Termasuk pula kerja-kerja insidental, yang dijalankan sebagai strategi cepat mengimprovisasi keadaan di lapangan. Indikasi keberhasilan lain adalah dalam aspek diterimanya kerja-kerja tersebut, dari mahasiswa peserta kepada santri PP. Masdarul Ulum. Kerja-kerja ini juga mendapat apresiasi positif dari pengasuh PP. Masadarul Ulum. 

Akhir kata, terima kasih kami sampaikan kepada PP. Masdarul Ulum yang telah berkenan menerima mahasiswa/i STIQ Al-Lathifiyyah. Semoga kegiatan ini berkesan baik dan memberi manfaat. Insyaallah, amin.

Posting Komentar untuk "Pemulangan Mahasiswa Peserta PPL Angkatan ke-3"