Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembekalan KKN Angkatan ke-IV Tahun 2022

Pada Senin pagi, tanggal 24 Januari 2022, STIQ Al-Lathifiyyah Palembang mengadakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-4 tahun 2022. Ini adalah pembekalan kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada Sabtu, 12 Januari 2022. Jika pembekalan pertama lebih kepada persoalan teknis adminsitratif dan lapangan, maka pembekalan kali ini lebih pada aspek visi-misi, etika bermasyarakat, konsep dan implementasi kegiatan, serta berbagai hal lainnya. 

Bertempat di gedung B, pembekalan kedua kali ini dihadiri oleh seluruh peserta KKN, Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM), Kaprodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT), serta dosen STIQ Al-Lathifiyyah yang juga bertindak sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL). 

Ada berbagai hal yang disampaikan kepada mahasiswa peserta KKN yang akan ditempatkan di dua kelurahan, yakni Kelurahan Tanjung Batu dan Kelurahan Tanjung Batu Timur, keduanya berada di wiliyah Kabupaten Ogan Ilir.  Andy Hariyono, Lc., M.Ag, selalu Ketua UPPM, mengatakan bahwa KKN adalah hal penting yang perlu dijalani oleh mahasiswa, sebagai wahana agar mahasiswa tidak menjadi intelektual menara gading, yang sekadar mengamati dan mengabstraksikan realitas hidup masyarakat tanpa tahu situasi riil di lapangan. Agar segala hal yang dipelajari oleh mahasiswa dapat bermanfaat bagi praktik hidup masyarakat. Dengan kata lain, ilmu yang telah didapat oleh mahasiswa di STIQ Al-Lathifiyyah, pada gilirannya mesti diamalkan. Dalam konteks disiplin ilmu yang dipelajari di prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, maka tentunya Ilmu-ilmu yang berbasis Al-Quran yang ditekankan untuk diejawantahkan ke dalam kerja-kerja kongkrit kemasyarakatan. Dalam konteks ini pula, maka tema yang dipilih untuk kegiatan KKN kali ini, begitu ungkap Kaprodi IQT, Tri Handayani, M.Us, adalah “Membangun Negeri, Membumikan Al-Quran”. 

Akhir kata, semoga dengan pembekalan kedua ini, yang juga sebagai pembekalan terkahir, mahasiswa akan lebih siap untuk menjalani KKN yang akan didampingi oleh Nurul Ahmadi, Lc., MSy.I, dan Deden Mula Saputra, M.Ud, selaku DPL. Insyallah, mahasiswa akan diberangkatkan menuju lokasi KKN pada besok, Selasa, 25 Januari 2022.

Posting Komentar untuk "Pembekalan KKN Angkatan ke-IV Tahun 2022"