Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertama Kali, Akreditasi Prodi IQT STIQ Al-Lathifiyyah

Akreditasi bagi Perguruan Tinggi (PT) bukan semata pemenuhan kewajiban administratif. Lebih dari itu, akreditasi adalah cara negara melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam menjamin sistem mutu suatu PT. Di sini, BAN-PT bertindak sebagi auditor eskternal terhadap PT yang diakreditasi. Atas salah satu cara penilaian ini, PT diharapkan bisa lebih memacu diri untuk semakin meningkatkan kualitas mutu di lingkungan kampusnya, dan sekaligus PT dapat maksimal dalam memberi informasi tentang mutu dirinya kepada masyarakat luas. 

Sekiranya hal itulah yang mendasari Program Studi (S1) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT) STIQ Al-Lathifiyyah mengajukan diri agar diakreditasi. Alhamdulillah, pada Senin-Selasa, 14-15 Maret 2022, Prodi IQT telah menjalani asesmen lapangan secara daring. 

Ini adalah akreditasi pertama kali bagi Prodi IQT sejak dibuka berbarengan dengan berdirinya STIQ Al-Lathifiyyah, pada 2016 lalu. Akreditasi kali ini berfokus mengasesmen segala kegiatan akademik dan non-akademik Prodi IQT periode September 2018-Agustus 2021. 

Adapun yang bertindak sebagai asesor utusan BAN-PT adalah Prof. Dr. KH. Iskandar Usman (UIN Ar-Raniry Banda Aceh) dan Prof. Dr. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag (UIN Raden Mas Sahid Surakarta). 

Secara umum, kegiatan akreditasi kali ini berjalan dengan lancar. Ada banyak apresiasi positif atas kinerja Prodi IQT dari kedua asesor. Dan tentu juga ada komentar, masukan serta kritik dari kedua asesor untuk Prodi IQT yang disampaikan selama dua hari penuh, secara maraton, dari pagi hingga sore. Hal ini kemudian menjadi catatan penting bagi Prodi IQT agar tak lelah untuk terus meningkatkan mutunya, agar terus tumbuh menjadi lebih baik. Untuk segala hal tersebut, kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada kedua asesor. 

Selain itu, atas berjalannya kegiatan akreditasi ini, kami juga berterima kasih kepada segenap pimpinan STIQ Al-Lathifiyyah, khususnya kepada Nyai Hj. Lailatul Mu'jizat, M.Ag, yang telah memberi motivasi dan arahan bagi Prodi IQT agar siap dan prima untuk menjalani kegiatan akareditasi ini. Juga kepada para dosen serta tenaga kependidikan yang telah bekerja keras dalam menyiapkan segala kebutuhan dalam akreditasi ini, kami berterima kasih sebesar-besarnya. 

Juga kepada kepada Dewan Senat STIQ Al-Lathifiyyah; kepada Dr. Marzuki Ali; H. John Supriyanto, MA; Dr. Ir. Sukemi; Edi Paiman, S.Ag (Yayasan Tahfizhul Quran Al-Lathifiyyah Palembang); dan kepada Prof. Dr. Ris'an Rusli, MA (UIN Raden Fatah Palembang); kami berterima kasih atas arahan dan bimbingannya. 

Tak lupa kepada mahasiswa dan seluruh sivitas akademika STIQ Al-Lathifyyah serta handai tolan sekalian yang telah berkontribusi, baik secara langsung maupun melalui doa untuk kelancaran asesmen kali ini dan hasil yang baik bagi asesi. Kepada semuanya, kami haturkan terima kasih. 

Semoga kegiatan ini dapat membawa Prodi IQT STIQ Al-Lathifiyyah semakin baik dan unggul, semakin Islami dan Qurani, serta semakin bermanfaat bagi Islam dan Indonesia, dan bagi masyarakat secara luas. Amin Ya Allah.

Posting Komentar untuk "Pertama Kali, Akreditasi Prodi IQT STIQ Al-Lathifiyyah"